News Ticker

Go-Pay sampai LinkAja Perang Diskon Selama Ramadan

By Admin - Rabu, 15 Mei 2019

Pengeluaran masyarakat Indonesia selama Ramadan meningkat dibanding hari biasanya. Shopback mencatat, rerata costumer menggunakan Rp 1,2 juta untuk berbelanja online selama Ramadan. Hal itu kemudian mendorong perusahaan teknologi finansial (fintech) pembayaran berlomba-lomba mengimbuhkan promo Ramadan.

Fintech besutan PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek) dan Ant Financial (Alipay) DANA misalnya, menggelar program DANA Bedug Berkah Meledug bersama hadiah Pajero Sport, Mitsubishi Xpander, Paket Umroh, dan Samsung S10+. Hadiah ini dapat pengguna peroleh bersama memainkan Tap and Win di aplikasi DANA.

Selain itu, DANA mengimbuhkan saldo total Rp 5 juta bagi pengguna yang jalankan kirim duit ke pengguna lainnya. DANA termasuk sediakan duit lagi (cashback) tambahan Rp 15 ribu untuk transaksi minimum Rp 50 ribu setiap Jumat. Pemberlakuan ketiga promo ini berbeda, selama 5 Mei sampai 3 Juni 2019.

DANA mencatat, penggunanya capai lebih berasal dari 15 juta selagi ini. Rata-rata transaksinya lebih berasal dari 1 juta transaksi per hari. "Kami ingin pengalaman bertransaksi yang mudah, cepat, praktis, dan aman pakai DANA dapat menambah keyakinan masyarakat di dalam mengadopsi budaya cashless,” ujar CCO DANA Chrisma Albandjar di dalam siaran pers, Rabu (15/5).

Dompet digital besutan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), LinkAja termasuk membagikan promo untuk kepentingan Ramadan sampai mudik Lebaran. LinkAja mengimbuhkan duit lagi sampai 50% bagi pengguna yang belanja tiket kereta api di platformnya. Promo ini berlaku sampai akhir Mei 2019.

Untuk kepentingan Ramadan, LinkAja tawarkan duit lagi 50% bagi pengguna yang berbelanja di toko retail pakai layanan pembayarannya. Toko retail itu di antaranya Alfamart, AlfaMidi, DAN+DAN, FamilyMart dan Indomaret. Promo mirip termasuk diberikan untuk transaksi di mitra bidang makanan dan minuman seperti Bakmi GM, EsTeller77, HokBen, KFC, Solaria sampai Sushi Tei.

Saat ini, pengguna terdaftar LinkAja capai 32 juta. Pengguna aktifnya capai tiga juga. LinkAja termasuk sudah bekerja mirip bersama 131 mitra di Indonesia.

Tak senang ketinggalan, Go-Pay termasuk menggelar promo. Layanan pembayaran punya Gojek ini mengimbuhkan duit lagi 40% untuk setiap transaksi di mitra makanan dan minuman seperti Breadlife, CFC, Burger King, Es Teler 77, Hop Hop, Yoshinoya, dan lainnya. Go-Pay termasuk menggandeng Alfamart untuk mengimbuhkan harga spesifik bagi penggunanya.

Memahami perilaku costumer yang berbelanja selagi Ramadan atau menjelang Hari Raya, Go-Pay termasuk mengimbuhkan promo untuk transaksi di e-commerce. Go-Pay tawarkan duit lagi 10 sampai 50% untuk transaksi di Blibli.com, JD.ID, Halodoc, Berrybenka, Sayurbox, CGV, dan lainnya.

Saat ini, Go-Pay sudah merangkul 300 ribu mitra yang 40% di antaranya merupakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Setengah berasal dari transaksi di platform Gojek pakai Go-Pay. Gojek merupakan induk usaha Go-Pay, yang aplikasinya sudah diunduh 142 juta kali di Indonesia.

Begitu pun OVO yang mengimbuhkan promo 20 sampai 30% untuk setiap transaksi di Sephora, Seibu, Galeries Lafayette, dan Matahari. Untuk makanan dan minuman, ada promo di Iga Blackpepper, Mandarin Chicken Rice, Sour Sally, Lotteria, dan lainnya.

Aplikasi OVO ada di 115 juta perangkat di 303 kota di seluruh Indonesia. OVO termasuk hadir di 90% mall di Indonesia, termasuk hypermarket, department store, kedai kopi, bioskop, operator parkir, jaringan tempat tinggal sakit terkemuka, serta menopang layanan transportasi bersama Grab. OVO pun sudah menggaet lebih berasal dari 500 ribu mitra.